Tips Mencegah Penyakit Jantung

Tips Mencegah Penyakit Jantung yang harus anda coba demi anda dan keluarga. Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang diperlukan tubuh untuk metabolisme tubuh.

Penyakit jantung memang membuat siapa saja menjadi was-was. Apalagi penyakit arteri koroner bisa menyerang semua ras. Tetapi angka kejadian paling tinggi ditemukan pada orang kulit putih. Tetapi ras sendiri tampaknya bukan merupakan faktor penting dalam gaya hidup seseorang.Setiap tahun jutaan orang didunia mengalami serangan jantung.

Walaupun memang tidak bisa dilakukan intervensi terhadap faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan. Usia, jenis kelamin dan riwayat penyakit kardiovaskular dalam keluarga merupakan hal yang tidak mungkin diubah. Langkah nyata selanjutnya hanyalah bagaimana mengatur faktor risiko yang dapat kita dikendalikan sendiri.

Terlihat jelas bahwa faktor risiko yang dapat dikendalikan lebih dominan berkontribusi sebagai penyebab penyakit kardiovaskular. Walaupun pengobatan dapat dilakukan pada hampir semua bentuk penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes mellitus, namun semua penyakit itu berpulang kepada individu untuk menjalankan pola hidup sehat. Sedapat mungkin menghindari faktor risiko dengan tips mencegah penyakit jantung yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular merupakan langkah terbaik yang dapat dilakukan.

Oleh sebab itu, untuk mencegah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner di sekitar kita, ada beberapa tips mencegah penyakit jantung yang bisa dilakukan sendiri.

Tips Mencegah Penyakit Jantung antara lain:

1. Pola makan yang sehat.

Jauhilah makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi, seperti junk food (makanan tak sehat karena mengandung lemak dan gula berlebihan). Sebisa mungkin pilihlah makan makanan yang rendah lemak atau tanpa lemak, seperti susu, keju, mentega atau makanan lain yang rendah lemak.

 

Pilihlah makanan yang sehat dan mengatur jumlah makanan yang anda dikonsumsi yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung anda. Banyak mengkonsumsi serat larut air dan makanan yang bersahabat dengan jantung contohnya, seperti pisang, apel, oatmeal dan sayuran hijau yang kaya akan kalium. selain itu juga, sebaiknya anda memilih makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan hipertensi seperti mentimun, jeruk, anggur dan sebagainya dapat menjadi tips mencegah penyakit jantung yang simpel dan mudah.

2. Jauhi Stress

Jauhi stres adalah tips mencegah penyakit jantung yang dapat anda lakukan sepertipergi berlibur. Tidak perlu berlibur keluar negeri atau menghabiskan banyak uang jika anda ingin berlibur. Anda cukup berjalan – jalan sehati contohnya pergi berkemah di peguningan atau bisa juga dengan jalan – jalan ke pantai. Pergi berlibur yang anda lakukan semata-mata bukan hanya menyenangkan namun juga baik untuk fungsi jantung anda. Anda hanya perlu melakukan liburan tersebut minimal dua kali dalam satu tahun.

 

3. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan tekanan darah tidak harus menggunakan cara yang sulit. Kucup dengan anda memakan buah kaya serat setiap hari seperti jeruk, apel, pisang yang menjadi rekomendasi dari para dokter untuk penderta penyakit darah tinggi. Serta diimbangi dengan mengkonsumsi sayuran hijau yang berserat untuk menolong sistem pemulihan tekanan darah tinggi seperti, bayam, brokoli, kacang panjang, dan buncis dapat anda masukkan pada daftar menu harian anda.

4. Mengurangi Berat Badan Berlebih

Berat badan berlebih dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Lakukan diet sehat untuk mengurangi berat badan berlebih pada tubuh anda. Dengan cara mengubah pola makan dan cara memilih makanan yang rendah lemak, sangat disarankan untuk makan makanan yang diolah dengan cara direbus dan rajin mengkonsumsi buah – buahan.

5. Berhentilah Merokok dan Minum Alkohol

Rokok merupakan racun yang berbahaya yang bisa menimbulkan penyakit dalam jangka waktu panjang. Supaya kesehatan jantung tetap terjaga hindarilah merokok sebab rokok sangat tidak baik bagi kesehatan jantung dan untuk orang yang telah punya kebiasaan merokok ini, segeralah hentikan agar kesehatan jantung dan lain-lain terjamin.Percayalah, bahwa hidup tanpa tembakau itu akan membuat hidup anda lebih bersih dan sehat.

6. Istirahat yang Cukup

Menjalani tips mencegah penyakit jantung salah satu cara untuk melindungi kesehatan jantung anda yang merupakan salah satu kunci yang sebenarnya cukup dilakukan dengan mencukupi kepentingan tidur anda setiap harinya. Dengan memenuhi kebutuhan tidur anda sedikitnya delapan jam setiap malam. Pasalnya penelitian telah menunjukkan bukti bahwa orang-orang yang tidur kurang dari enam jam mempunyai risiko 2 kali lipat terkena penyakit jantung.

7. Perbanyak Aktivitas Fisik

Untuk mendapatkan tubuh sehat anda, tak perlu datang ke fitnes center untuk menjalankan tips mencegah penyakit jantung ini. Anda cukup melakukan kegiatan seperti olahraga teratur, cukup jalan kaki selama 15 menit, joging, berenang, dll. Selain dapat membuat tubuh anda sehat dan fikiran anda segar, olahraga juga membuat jantung sehat.

Namun, kenyataannya masyarakat Indonesia rata-rata hanya mengkonsumsi serat 10,5 gram per hari, jauh di bawah yang dianggap dapat menurunkan risiko berat terkena penyakit jantung koroner, yakni di atas 20 gram per hari. Lebih dari 90% penduduk Indonesia konsumsi seratnya kurang dari 20 gram per hari.

Selain itu, bila kita disiplin melakukan tips mencegah penyakit jantung dengan makan makanan yang kaya serat yang larut dalam air akan mampu menurunkan kandungan kolesterol hingga 12%, sehingga kondisi pada ambang batas terancam jantung koroner bisa kembali normal.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Jantung Untuk Mengembalikan Kesehatan Jantung, Membantu Mengobati Penyakit Jantung, Bantu Atasi Lemah Jantung, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mencegah Penyakit Jantung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *